BANER

BANER

KESALAHAN BER-FOOD COMBINING : ” AKU CUMA MAKAN DIKIIIIIT”



Menurut saya, salah satu “enak” nya menerapkan pola makan food combining itu adalah, enggak perlu pusing mikirin berapa porsi makan. Tidak seperti beberapa diet populer lainnya yang misalnya harus menakar makan nasi sekian gram, lauk sekian gram, bla…bla..bla…

FC, makan boleh sampai kenyang, yang penting paduannya. Protein hewani gak boleh ketemu  karbo
FC, makan boleh sampai kenyang, yang penting paduannya. Protein hewani gak boleh ketemu karbo
Namun herannya, masih saja (sering) saya jumpai teman yang baru ber-FC dan memposting menu makannya terdiri dari nasi (putih maupun merah), sayur dan lauk nabati, disertai penjelasan: “Aku makannya nasinya dikiiiiit… banget!”

Hei, perasaan FC tak pernah mengharuskan makan hanya seiprit deh ya! Makan harus sampai kenyang. Kenyang yang nyaman bukan kekenyangan. Dan bukan pula kelaparan. Kalau makannya terlalu sedikit, itu menyiksa diri namanya. Lagipula, tubuh yang kelaparan biasanya cenderung mudah kalap. Saat bertemu makanan yang kurang ideal bahkan berbahaya bagi kesehatan, malah akan lebih susah mengendalikan diri, dalam kondisi perut keroncongan.

Seyogianya makan dengan proporsional saja. Jangan terlalu takut dengan karbohidrat lah. Yang perlu diperhatikan hanya, pilihlah karbohidrat yang masih mengandung substansi-substansi baik bagi tubuh. Perhatikan pula padu padannya. Karbohidrat JANGAN dipadukan dengan protein hewani. No…Nooo… Big NO.

Jadi, Nasi atau lontong plus satai ayam, Nasi plus rendang, Nasi rawon daging, burger, itu adalah contoh-contoh padu padan yang SALAH. Jadi kalau mau makan nasi ya PLUS sayur dan lauk nabati macam tempe-tahu, kacang-kacangan, jamur, dll.

Hanya sebagai panduan, karena Food Combining juga mempertimbangkan keseimbangan asam basa, maka sebaiknya proporsi makan diatur sehingga setidaknya sayur mendapat porsi terbanyak. Minimal begini : kalau Nasi 1/4 piring, Sayur 1/2 piring plus sedikit lauk.

Kalau masih lapar? ya tambah dong! Teteeup porsi sayurnya yang banyak. Udah, gitu aja sih. FC itu manusiawi kok. Enggak bikin kita kelaparan dan menderita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KESALAHAN BER-FOOD COMBINING : ” AKU CUMA MAKAN DIKIIIIIT”"

Posting Komentar